Opick dan Regenerasi Penyanyi Religi

Jakarta - Memulai karier bermusiknya sejak tahun 1997 itu dengan mengusung grup musik rock, Opick beralih menjadi penyanyi religi pada 2005. Kurang lebih 17 tahun lamanya Opick bertahan menjadi musisi.

Akan tetapi harus diakui, selain Opcik, musisi religi tidak meninggalkan penerusnya. Kalaupun ada, mungkin bisa dihitung dengan jari yang akhirnya bisa bertahan, salah satunya trio bernama Boon. Sisanya, masih saja nama Opick dan Sam Bimbo yang terhitung kawakan di jalur agamis ini.


Melihat hal itu Opick pun tidak ingin generasi penyanyi religi terputus. Regenarasi pun dilakukannya dengan menggelar sebuah festival penyanyi religi bertajuk 'Festival Lagu Opick' pada 2010 silam. Tentunya dengan merogoh koceknya sendiri. Hasilnya?


"Bisa dibilang nihil. Memang saya mendapatkan tiga orang pemenang, tapi buat saya tidak tersampaikan juga. Kadang mereka di saat nyanyi pakai jilbab, tapi begitu turun panggung telanjang lagi," kenang Opick.


Perbincangan Opick kepada detikHOT semakin serius. Nadanya kemudian meninggi ketika menyentuh soal pendidikan bernyanyi untuk anak-anak, terutama anaknya sendiri. Mengingat baru saja putri Opick, Ghaniya, ikut serta berduet di album baru Opick.


"Saya kalau sama anak sendiri kejam, sama anak orang saya pelan. Makanya, saya suruh dia belajar sama orang. Nggak tahan dia nanti sama saya, karena saya disiplin banget urusan begitu. Pada karya saya menghargai sekali, pada panggung saya pun hormat sekali. Karena saya mendapatkannya berdarah-darah," tegas pelantun 'Tombo Ati'.


"Dulu mau bikin demo, kerja dulu sampai setahun ngumpulin uang buat rekaman. Kirim ke satu label, ditolak, kerja lagi setahun, terus rekaman lagi. Terus begitu sampai diterima," pungkasnya.


Meskipun belum berhasil dengan maksimal, Opick tak ada hentinya menyebarkan virus religi Tanah Air ke berbagai belahan dunia. Seperti yang akan dilakukannya pada tahun ini. Menuju ke mana perjalanan pelantun 'Alhamdulillah' itu di tahun 2014? Simak bocorannya di detikHOT sesaat lagi.


(hap/mmu)