Easy Listening dan Fresh! Akdong Musician Resmi Debut dengan Album 'PLAY'

Jakarta - Sesuai janjinya, YG Entertainment merilis album debut Akdong Musician 'PLAY' hari ini, Senin (7/4/2014). Duo bersaudara Lee Chan Hyuk dan Lee Soo Hyun kini resmi terjun ke industri musik Korea Selatan.

'PLAY' berisi 11 lagu yang semuanya digubah dan diproduseri oleh Lee Chan Hyuk. Hari ini, bersama dengan albumnya, Akdong Musician juga merilis video musik untuk title track pertama mereka '200%'.


Sebelum membahas video musiknya, kita akan berfokus pada lagu-lagu dalam album 'PLAY'. Berbeda dari kebanyakan grup YG Entertainment yang berkutat pada genre hip hop, Akdong Musician atau akrab juga disebut AkMu seolah memberikan warna baru di YG Family.


Semua lagu di album ini bernuansa pop dan lagu-lagunya pun easy listening. Kita tidak akan menemukan suara-suara musik elektronik dan distorsi berlebihan, namun murni instrumen live seperti drum, gitar, dan piano.

Di beberapa lagu bahkan AkMu menampilkan konsep akustik dengan hanya instrumen piano ataupun gitar seperti 'Melted', 'At the Subway', 'Hello/Goodbye', 'Small Star' dan 'Galaxy'. Di lagu lainnya, musik khas band pun juga ditampilkan dalam lagu 'Artificial Glass', 'Path', dan 'Subject'.


Genre inilah yang membuat album 'PLAY' jadi terdengar fresh dan berbeda dari artis-artis YG lainnya. Suara khas Chan Hyuk dan Soo Hyun menyatu dan klop dengan musik lagu-lagu di album ini.


Di beberapa lagu, Chan Hyuk juga menyanyikan lirik rap dengan fasih. Meski hampir semua idola KPop selalu punya lirik rap di lagunya, namun versi AkMu tidak terdengar membosankan.


Akan ada tiga lagu andalan yang siap dipromosikan Akdong Musician lewat album ini. Yang pertama adalah '200%' yang merupakan lagu pilihan Yang Hyun Suk dan YG Entertainment.


Lagu tentang cinta ini punya beat yang ceria dan menyenangkan. Dimulai dengan rap dari Chan Hyuk dan disambut oleh suara merdu Soo Hyun, lagu '200%' punya lirik yang catchy.


Video musiknya dikemas dalam format menarik yang memasang Soo Hyun sebagai peran utama wanitanya. Dalam video klip dikisahkan Soo Hyun sedang naksir seorang teman satu sekolahnya yang ternyata sudah punya kekasih.


Selanjutnya, YG Entertainment akan merilis video musik untuk lagu 'Melted' 14 April mendatang. Lagu ini punya beat yang lebih slow ketimbang '200%', dan menjadi lagu andalan pilihan Akdong Musician.


Sementara untuk video klip lagu ketiga, YG Entertainment akan memilih satu lagu yang paling disukai fans setelah satu minggu sejak perilisan, berdasarkan jumlah penjualan di situs-situs musik di Korea. Video klipnya baru akan dirilis satu minggu setelah 'Melted' resmi diluncurkan.


Berikut tracklist lengkap album 'PLAY' Akdong Musician:


1. Give Love

2. 200%

3. Melted

4. At the Subway

5. Hair Part

6. Artificial Grass

7. Hello/Goodbye

8. Small Star

9. Path

10. Subject

11. Galaxy



(ron/mmu)