Ketika Hanoman Bercita Rasa Barat

Jakarta - 'Hanoman-The Ultimate Warrior' garapan sutradara Mirwan Suwarso sukses digelar pada Sabtu (23/02/2013) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Drama lahirnya Hanoman itu terkesan sangat modern.

Kesan modern itu hadir lewat penggunaan bahasa asing dalam dialog, musik rock dan hadirnya tarian Ballet. Tak hanya itu, beberapa aktor impor juga ikut dalam pegelaran drama sinema tersebut.


Pergelaran drama itu dibagi menjadi dua sesi pertunjukan. Sesi pertama pada pukul 16.00 wib, dan selanjutnya pada pukul 19.00 wib. Antrian pengunjung terlihat didonimasi oleh orangtua yang membawa putra-putrinya, maupun remaja.


Kurang lebih dua jam lamanya pertunjukan setiap sesinya terasa sunyi di menit-menit awal. Penonton pun dibuat tercengang ketika menyaksikan adegan awal yang menggunakan bahasa Inggris. Namun, Mirwan tetap menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia dalam beberapa dialognya.


Dalam pergelaran lahirnya Hanoman, Mirwan Suwarso melibatkan aktor dan musisi lokal seperti Voland Humanggio (Hanoman), Aqi Alexa (Prabu Maesasura), Anji (Jatasura), dan Piyu (Batara Chandra) yang tampi full make up dengan kostum detail yang apik. Dalam pertunjukkan itu, Piyu menunjukan kebolehannya dalam bermain gitar.


Semakin unik, setelah aktor impor yang berasal dari panggung Broadway, Bryan Justin Crumb (Batara Bayu), Sidney James (Batara Indra), Daniel Torres (Batara Guru) serta Laura Vall (Anjani) menyanyikan beberapa lagu dalam bahasa Indonesia.


Pertunjukan yang berdurasi kurang lebih dua jam itu juga semakin seru dengan hadirnya adegan laga yang dipadu dengan tarian break dance dan ballet.


Rencananya, tak hanya di Indonesia, 'Hanoman-The Ultimate Warrior' juga akan dipertunjukkan di beberapa kota di Amerika Serikat dan Eropa.


(mah/hkm)