Lukisan Air Mata Bagi Korban Pesawat MH17

Jakarta - Peristiwa jatuhnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17 yang menewaskan 298 penumpang beberapa waktu lalu membuat seniman asal Cina terinspirasi melukis. Puluhan kelopak mawar putih ini menyimbolkan air mata.

Seniman Red Hong Yi yang pernah bekerja sebagai arsitek ini menciptakan lukisan ini beberapa hari lalu. Di laman facebooknya, ia menuliskan, "Air mata.. kira-kira 298 kelopak putih jatuh melambangkan jumlah nyawa yang tak berdosa di #MH17," tulisnya, Selasa (22/7/2014).


Latar lukisan yang berwarna biru tersebut diartikan sebagai warna awan yakni lokasi ditembaknya pesawat MH 17. Di atasnya ia menuliskan 'MH 17' dan di tengahnya terdapat dua buah kelopak mawar putih berukuran besar.


"Doa yang terdalam bagi semua korban keluarga dan orang yang dicintai," ungkapnya.


Sebelumnya, Hong Yi juga pernah membuat instalasi potret aktor Jackie Chan yang terdiri dari 64 ribu sumpit disusun rapi. Sumpit merupakan simbol budaya Cina.


Serta dalam rangka 'Piala Dunia 2014' yang baru berakhir pertengahan bulan ini ia membuat lukisan Ronaldo, Messi, dan Neymar di sebuah kanvas raksasa. Karya seni yang diciptakannya saat itu bukan menggunakan kuas tapi bola.


(tia/mmu)