Aksi Benedict Cumberbatch, Pemecah Kode Jerman di Perang Dunia Kedua

Jakarta - Trailer perdana 'The Imitation Game' memperlihatkan Benedict Cumberbatch sebagai ahli matematika Inggris dan ilmuan komputer Alan Turing. Dia adalah sosok penting sebagai pemecah kode dalam Perang Dunia Kedua.

Film bercerita tentang kehidupan Alan Turing sepenuhnya. Mulai dari pekerja di pabrik radio, hingga membantu pemerintah untuk memecahkan kode rahasia 'Enigma' milik Jerman saat Perang Dunia Kedua.


Disutradarai Morten Tyldum, "Imitation Game" juga dibintangi oleh Keira Knightley, Mark Strong dan Matthew Goode. Penulis skenario Graham Moore memulai debutnya melalui adaptasi buku "Alan Turing: The Enigma" karya Andrew Hodges.


Film juga mengangkat cerita saat Turing dihukum karena homoseksualitas di bawah undang-undang hukum 1885, dan dipaksa untuk berpartisipasi dalam program pemulihan yang memalukan. Turing ditemukan meninggal pada 1954 dalam usia 41. Ia dikabarkan bunuh diri, tetapi kejadian sesungguhnya masih misteri.


'The Imitation Game' akan membuka BFI London Film Festival ke-58 pada 8 Oktober mendatang di Odeon Leicester Square. Cumberbatch sang pemeran utama, akan hadir bersama Knightley dan Tyldum. Film ini akan dirilis di bioskop AS pada 21 November mendatang.


(ich/ron)