Coretan dan Tulisan Tangan John Lennon Dilelang di New York

Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan John Lennon? Pentolan The Beatles ini sangat terkenal semasa hidupnya, bahkan setelah kematiannya di tahun 1975 silam, namanya pun masih menjadi legenda.

Awal Juni ini berbagai surat tulisan tangan, catatan, puisi, dan sketsa milik John Lennon sedang dilelang di Rumah Balai Lelang Sotheby, New York. Sebuah puisi yang isinya nampak tak beraturan dan masuk akal berjudul 'The Fat Budgie' dilelang seharga Rp Rp 1,7 milliar atau dari harga penawaran awal seharga Rp 416 juta.


Sebuah naskah tulisan tangan dari Lennon pun dilelang. Judulnya 'I Sat Belonely' yang terjual Rp 1,6 milliar. Harga ini empat kali lebih tinggi dari yang ditaksir pihak balai lelang.


Selain itu, naskah yang berjudul 'Neville Klub' dengan adanya coretan di beberapa teksi dilelang dengan harga Rp 1,9 milliar. Potongan-potongan dari buku Lennon yang berjudul 'In His Own Write' dan 'A Spaniard in the Works' pun juga dilelang.


Koleksi dari coretan dan tulisan tangan suami seniman Jepang Yoko Ono ini merupakan milik penerbit buku asal Inggris. Termasuk gambar sketsa milik Lennon.


"Sebagian besar adalah koleksi pribadi dari penerbit yang bernama Tom Maschler. Namun pihak penerbit ingin menjualnya ke pasaran," ujar perwakilan lelang seperti dikutip dari BBC, Kamis (5/6/2014).


(tia/ich)