Senyum Sumringah Bung Karno di Madame Tussauds Hong Kong

http://us.images.detik.com/content/2014/06/05/1059/madamdlm.jpgSoekarno di Madame Tussauds Hong Kong (dok. Madame Tussauds).)


Jakarta - Sosok Bung Karno tak hanya dikagumi di dalam negeri. Ia juga dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting di Asia. Kini untuk memberikan sebuah penghormatan pada figurnya. Hari ini, (05/06/2014) sosok Bung Karno telah bergabung dengan tokoh-tokoh publik lainnya di Madame Tussauds, Hong Kong.

Presiden Indonesia yang pertama ini menjadi anggota di ruang saji Madame Tussauds, Hong Kong bersama para pemimpin politik dunia lainnya dalam sesi Sejarah dan Pahlawan Nasional. Sosok patung lilin Bung Karno di sini mengenakan seragam militer putih kebesarannya lengkap dengan berbagai pita penghargaan yang disematkan di dadanya.


Ia juga mengenakan sebuah peci hitam. Wajah Bung Karno dipahat dengan senyum sumringah, sesuai senyum aslinya ketika ia tengah menyapa ramah warga Hong Kong di masa lalu.


"Adalah kehormatan yang sangat besar untuk menjadi tuan rumah bagi patung baru Presiden Soekarno, yang telah berikan pengaruh besar bagi perkembangan Indonesia dan Asia secara keseluruhan," jelas Kelly Mak, Manajer Umum di Madame Tussauds Hong Kong.


Demi menyajikan figur Bung Karno dengan kemiripan yang presisi, para pemahat menjalani serangkaian riset. Termasuk dengan mengumpulkan informasi dari keluarga Bung Karno dan menonton selama berjam-jam berbagai klip yang memuat sosoknya.


(ass/ich)