'Bad Blood': Kemeriahan Lain Inggris Raya ala Bastille

ist.


Jakarta - Nama Bastille yang dipilih sebagai sebuah grup musik pendatang baru dari Inggris adalah pilihan yang pas mengingat keramaian unsur di album perdananya.

Bastille adalah sebuah perayaan nasional di Prancis pada 14 Juli, untuk mengenang runtuhnya benteng Bastille yang dipandang sebagai simbol pemberontakan bangsa modern.


Lewat album bertajuk 'Bad Blood', Bastille mencoba bergerak sejajar dengan musisi-musisi Inggris lainnya yang sudah lebih dulu mengukir nama. Mengusung genre elektronik pop, menjadikan Bastille sedikit berbeda dari band anak muda yang sudah ada.


Hampir semua materi dalam album yang dipasarkan lewat Warner Music Indonesia itu begitu padat dengan suara-suara yang diciptakan oleh Dan Smith, Chris 'Woody' Wood, Kyle Simmons dan Will Farquarson. Dibuka dengan track berjudul 'Pompeii', Bastille sudah memberikan patokan dasar dalam bermusik.


Bunyi-bunyian perkusi dan melodi menghentak sedari awal, ditambah 'backing vocal' yang unik di bagian reff. Begitu juga halnya yang terjadi di track-track selanjutnya, 'Things We Lost In The Fire', 'Bad Blood' dan 'Overjoyed' masih terdengar serupa, hanya ketukan yang sedikit berubah.


Mungkin baru agar berbeda memasuki track 6, 'Wight of Living, Pt.II'. Lagu ini terdengar catchy dengan nuansa disko yang tidak cepat tapi juga tidak lambat. Tentu dengan paduan suara techno khas 'britpop' yang jika ditebak berasal dari semacam shyntisizer.


Hampir di akhir perjalanan 12 lagunya, ada sebuah track berjudul 'Oblivion' yang terdengar berbeda. Bastille bermain dengan suasana sendu dan lembut di bagian ini.


Di debutnya ini, Bastille terasa ingin menanamkan betul ciri khas bermusik band yang baru terbentuk pada 2010 ini. Mereka tidak begitu bereksplorasi dengan kecanggihan perangkat digital yang mereka mainkan.


Tapi, tetap saja album 'Bad Blood' ini memberikan kemeriahan musik Inggris Raya. Mungkin sudah waktunya ada yang menambahkan musik ini ke playlist mereka selain Pet Shop Boys. Inilah pemberontak bangsa modern yang memperjuangkan kemeriahaan bermusik di Inggris Raya.


Berikut tracklist lengkap album 'Bad Blood':

1. Pompeii

2. Things We Lost in the Fire

3. Bad Blood

4. Overjoyed

5. These Streets

6. Weight of Living, Pt. II

7. Icarus

8. Oblivion

9. Flaws

10. Daniel in the Den

11. Laura Palmer

12. Get Home

13. Weight of Living, Pt. I


(fk/mmu)